“Logika Sederhana” Pembagian Pecahan dengan Pecahan Melalui Penggunaan Konteks

Oleh: Achmad Dhany Fachrudin

Pada pembelajaran di sekolah kita sering menemui saat menjelaskan tentang pembagian pecahan dengan pecahan, guru hanya berkata “ anak-anak saat pecahan saat dibagi pecahan maka kalian harus menjadikannya menjadi bentuk perkalian, tetapi pecahan pembagi, harus dibalik antara penyebut dan pembilangnya…”, sangat jarang saya menemui guru yang mau menjelaskan kenapa hal tersebut dapat terjadi atau paling tidak menjelaskan logika yang dapat digunakan untuk merepresentasikan hal tersebut.

Seharusnya berdasarkan “logika kita” sesuatu apabila dibagi hasilnya harusnya lebih kecil. Sebagai contoh, 1/2: 1/4= 2, padahal 2 lebih besar daripada  1/2, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jarang pula murid yang bertanya kepada guru kenapa hal tersebut dapat terjadi. Mungkin hal ini dikarenakan “kebiasaan” yang sudah mengakar dalam sistem pembelajaran kita, dimana siswa hanya cenderung untuk menerima pengetahuan dari guru secara “mentah-mentah”. Sedangkan guru juga kurang memberi kesempatan siswa untuk lebih berfikir kritis dan menggali lebih jauh keingintahuan mereka. Malalui tulisan ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang “logika sederhana” pembagian pecahan.

Untuk lebih memahami logika sederhana 1/2 :  1/4 = 2  perhatikan permasalahan berikut ini:

Ibu mempunyai satu botol ukuran 1000 ml yang hanya terisi air setengahnya. Kemudian ibu ingin menuangkannya pada botol ukuran 250 ml. Berapa botol baru yang terisi oleh air?

bentuk matematika dari permasalahan diatas adalah 1/2  :  1/4 =……,  mungkin bagi siswa yang belum mengenal rumus tentang pembagian dalam pecahan, masalah tersebut akan lebih mudah diselesaikan dan lebih menarik tentunya. Tetapi banyak guru yang tidak terlalu tertarik untuk mengenalkan permasalahan seperti di atas sebagai awal dalam mengajarkan pembagian pecahan.

Berikut adalah salah satu alternatif penyelesaian permasalahan di atas.

Dari gambar di atas, terlihat bahwa dua botol terisi penuh oleh air. Maka hasil dari 1/2 : ¼ adalah 2.

Untuk permasalahan  1/2: 1/4 memang terlihat lebih mudah, karena salah penyebutnya merupakan faktor dari penyebut yang lain. Lebih lanjut saya akan memberikan contoh permasalahan yang sedikit lebih rumit dengan menggunakan cara yang sama seperti sebelumnya.

1/3 : 1/2 = ……..

 

 dari gambar di atas, stu botol terisi penuh dan botol kedua hanya terisi 1/3 bagiannya. Maka kita dapat 2/3 : 1/2  = 1  1/3  atau 4/3

Untuk soal lain kita dapat menerapkan metode yang sama dengan di atas. Dengan pengenalan seperti di atas, diharapkan pembelajaran matematika dapat lebih menarik dan bermakna untuk siswa. semoga bermanfaat. :)

“Logika Sederhana” Pembagian Pecahan dengan Pecahan Melalui Penggunaan Konteks (Download file PDF)

Baca juga artikel lainnya:

About these ads
Categories: All PMRI, Articles, Math Education, Mathematics | Tags: , , , , , | 11 Comments

Post navigation

11 thoughts on ““Logika Sederhana” Pembagian Pecahan dengan Pecahan Melalui Penggunaan Konteks

  1. asita

    sangat membantu sekali… ^^b

    • Achmad Dhany

      makasih sit, moga bermanfaat.. sebenarnya masih ada desain pembelajaran lagi d smp yang insyAllah bagus, tp blum sempat t uplod… :)

  2. Dwinita

    makasih yaa ilmu nyaa,, bermanfaat banget.. ^_^

    • Achmad Dhany

      alhamdulillah,, terimakasih juga sudah berkunjung :)

  3. Audy cck

    thks! berguna bgt nih
    soalnya aku blum blajar di skolah
    Tau2 aku dikasih pr tentang ini
    Tpi gk apalah
    Kan aku udh blajar dinternet!!!!!!!!
    #yeeeaaaaaahh#

  4. maaf bagaimana dengan konsep satu dibagi setengah?

    • Achmad Dhany

      iya sama aja koq.. itnggal botol awal isi airnya penuh bgitu saja dan air tsb dituang pada botol yang ukurannya setengahnya (agar lebih mudah bisa dibuat gambar seperti di atas),, semoga membantu.. :)

    • diki

      hai

  5. sangat membantu sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: