Membangun konsep pengukuran sudut dengan menggunakan model pizza (untuk siswa kelas 4 SD)

Membangun Konsep Pengukuran Sudut dengan Menggunakan Model Pizza (desain pembelajaran PMRI untuk siswa kelas 4 SD)

Achmad Dhany Fachrudin

Pembelajaran matematika yang diawali dengan pemberian konteks atau permasalahan realistik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa dapat membuat pembelajaran matematika lebih menyenangkan dan dapat membentuk suatu pengetahuan yang bermakna bagi siswa. melalui penggunaan konteks, kita dapat menyajikan konsep matematika yang abstrak dalam suatu bentuk representasi yang lebih mudah dipahami oleh siswa. Oleh karena itu pada tulisan kali ini saya akan berbagi salah satu desain pembelajaran dengan pendekatan yang menggunakan konteks di awal pembelajaran untuk pembangunan konsep matematika siswa, yaitu pendekatan PMRI (baca: Sekilas tentang PMRI).

Pokok baahasan pada desain pembelajaran yang saya bagikan kali ini adalah materi pengukuran sudut untuk siswa kelas 4 SD yang telah kami uji cobakan di SDN 179 Palembang dengan hasil yang cukup memuaskan (menurut kami). Berikut saya lampirkan RPP, LKS, dan hasil laporan tentang penerapan desain yang telah dibuat. Pada bagian laporan kami mendeskripsikan rancangan, penerapan, juga pola pikir dan permasalahan siswa yang muncul saat penerapan desain pembelajaran tersebut. untuk melihat selengkapnya klik link download dibawah ini. Semoga bermanfaat.

ice berg pembelajaran pengukuran sudut

Model Pizza (alat peraga)

Download RPP (PDF)

Download LKS (PDF)

Download Laporan hasil penerapan desain (Indo ver) (PDF)

Download Laporan hasil penerapan desain(English ver) (PDF)

Baca juga:

  1. Masalah Triplek: Alternatif pembelajaran Pemecahan Masalah untuk Siswa Sekolah Dasar (2) dan Langkah Pemecahannya
  2. Desain Pembelajaran PMRI Kedua:” Sedotan, Korek Api, dan Konsep Pengukuran Panjang“(Laporan observasi kelas)
  3. “Logika Sederhana” Pembagian Pecahan dengan Pecahan Melalui Penggunaan Konteks
  4. Desain Pembelajaran PMRI Pertama:” Mengajarkan Perbandingan Sudut dengan Menggunakan Styrofoam dan Tali untuk Siswa Kelas 4 SDN 179 Palembang “ 
  5. Binatang Kertas: Alternatif Pembelajaran Pemecahan Masalah untuk Siswa Sekolah Dasar
About these ads
Categories: All PMRI, Articles, Classroom Observation, Download, Introduction to RME, Math Education | Tags: , , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: