Tumbuhan: Matematikawan Ulung

Oleh: Achmad Dhany F.

Dalam kehidupan kita menjumpai berbagai macam makhluk Tuhan baik yang bernyawa maupun tidak. Tumbuahan adalah salah satu makhluk yang seringkali kita abaikan “kehebatannya”. Beberapa macam tumbuhan mampu “memperhitungkan struktur aerodinamis bunga untuk penyebaran serbuk sari oleh angin. Sementara itu beberapa tumbuhan lain “paham” bahwa mereka tidak dapat menggunakan angin, oleh karena itu, mereka memanfaatkan hewan lain seperti serangga untuk membantu panyerbukan. Mereka mengidentifikasi hal yang disukai serangga untuk menarik mereka datang membantu.

Tumbuhan memproduksi nektar dan aroma yang efektif untuk menarik serangga dengan melakukan beberapa proses kimiawi dan “memperhitungkan” waktu yang tepat untuk melakukannya.  Mereka juga mampu mencoba metode lain, dengan cara meniru atau mengimitasi jika aroma dan nektar yang mereka hasilkan tidak cukup untuk  menarik serangga.

Bahkan, mereka mampu “menghitung” volume dan jarak serbuk sari yang dapat mencapai tanaman lain dengan spesies yang sama. Maka dari itu mereka manghasilkan serbuk sari dalam jumlah tertentu. Terlebih lagi  mereka mempu memperhitungkan kemungkinan yang akan menghalangi serbuk sari mencapai sasarannya dan menentukan tindakan terhadap hal tersebut.

 

Mungkin sebagian besar kita akan menganggap hal di atas mustahil untuk dilakukan oleh tumbuhan yang tidak bisa berpikir, memperhitungkan waktu, menentukan ukuran dan bentuk, menghitung kecepatan dan arah angin, dan hal-hal yang kita anggap tidak mungkin lainnya untuk dilakukan oleh tumbuhan. Pemikiran itulah yang akan kita dapat jika kita hanya mengandalkan logika saja. Tetapi para makhluk hidup ini, termasuk tumbuhan, diciptakan dengan sempurna oleh sang Pencipta dan Dia pula yang mengatur dan menjaga keseimbangan ciptaanNya. Hal tersebut ditujukan untuk menggambarkan kekuasaanNya kepada kita, para manusia, agar tidak menyombongkan diri di atas bumi ini.

Tumbuhan tidak memiliki pengetahuan bagaimana menjalankan kemampuan luar biasa mereka bahkan ekstensi mereka sendiri pun mereka tidak memahaminya, karena hal tersebut berada di bawah pengedalian sang Pencipta, Allah SWT, yang merencanakan setiap kemampuan tersebut, yang menciptakan segala sesuatu di alam semesta, dan yang terus menciptakan setiap saat.

Sumber: http://id.harunyahya.com/

Categories: Articles, Islamic Corner, Mathematics | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: