Desain Pembelajaran PMRI Kedua:” Sedotan, Korek Api, dan Konsep Pengukuran Panjang“(Laporan observasi kelas)

 Achmad Dhany Fachrudin1

Ummy Salmah2, dan Sitti Busyrah3

International Master Program on Mathematics Education (IMPoME 2012)

email: dh4nyy@gmail.com, ummysalmah@ymail.com, sittibusyrah@yahoo.co.id

ice berg pengukuran

  1. Pendahuluan

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Hal ini tampak dari banyaknya siswa yang tidak begitu menyukai pelajaran matematika. Kesulitan itu sebenarnya muncul karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Bahkan beberapa temuan menunjukkan bahwa pengajaran matematika banyak memberikan penekanan pada keterampilan prosedural dan menyebabkan siswa hanya memahami matematika tanpa penalaran (Yuwono, 2007). Di kelas, kebanyakan guru pun masih menggunakan pembelajaran konvensional. Di mana suatu konsep matematika hanya disampaikan begitu saja tanpa dikaitkan dengan pengalaman siswa. Sementara matematika menghendaki mereka berpikir logis, cermat, dan teliti.

Pada dasarnya, pembelajaran matematika akan bermakna jika pembelajaran tersebut dikaitkan dengan dunia nyata siswa. Untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna, maka siswa harus diberi kesempatan untuk menemukan kembali matematika di bawah bimbingan orang dewasa (Gravemeijer; 1994). Hal ini didukung pula oleh pendapat de Lange (1995) bahwa, proses penemuan kembali harus dikembangkan melalui penjelajahan berbagai persoalan dunia nyata. Oleh karena itu, dalam pembelajaran guru seharusnya tidak menjadi pusat pembelajaran melainkan siswalah yang menjadi pusat pembelajaran, sehingga siswa tidak dapat dipandang sebagai penerima pasif matematika yang sudah jadi (passive receiver of ready-made mathematics). Oleh karena itu, Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang mengaitkan konsep matematika dengan dunia nyata siswa dianggap tepat untuk diterapkan.

Untuk membaca laporan, LKS dan RPP selengkapnya klik :

Download Laporan (Indo version)

Download Laporan (English version)

Download RPP Pengukuran

Download LKS Pengukuran

Categories: Articles, Classroom Observation, Math Education | Tags: , , , , , , , , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Desain Pembelajaran PMRI Kedua:” Sedotan, Korek Api, dan Konsep Pengukuran Panjang“(Laporan observasi kelas)

  1. nice nice x) , ty

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: