PENGETAHUAN, ILMU PENGETAHUAN DAN PENELITIAN ILMIAH

A.    Pendahuluan

Dalam melakukan suatu penelitian dibutuhkan suatu pemikiran yang ilmiah. Tesis maupun disertasi adalah contoh penelitian ilmiah yang merupakan syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana, Pasca Sarjana atau Doktor dan juga suatu bentuk bukti bahwa seseorang tersebut mampu berpikir secara ilmiah. Penyusunan tesis atau disertasi tersebut juga merupakan metode yang baik untuk mampu berpikir secara ilmiah.

Sebelum melakukan suatu penelitian ilmiah tentunya  kita harus memahami apa itu pengetahuan (knowledge) dan ilmu pengetahuan (science) dan apa yang membedakan antara keduanya. Serta hubungan antara pengetahuan dan ilmu pengetahuan juga kaitannya dengan penelitian ilmiah. Karenan pada dasarnya penelitian ilmiah digunakan untuk mengembangkan Ilmu pengetahuan (science) yang menggunakan metode dan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan yang sistematis dan eksak. Oleh karena itu kita perlu mempelajari secara filsafat apa itu ilmu pengetahuan dan apakah perbedaannya dengan pengetahuan. Hal tersebut juga diperlukan agar kita dapat memehami dan melakukan penelitian ilmiah dengan baik.

B.     Pengetahuan

Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah seseorang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Dapat pula dikatakan bahwa pengetahuan merupakan hasil tahu seseorang terhadap objek melalui indera yang dimilikinya.

Macam-macam pengetahuan berdasarkan polanya (Afiffudin:2009)

a. Tahu bahwa

Merupakan pengetahuan tentang informasi tertentu. Jenis pengetahuan ini disebut juga pengetahuan teoritis, pengetahuan ilmiah walaupun masih pada tingkat yang tidak bgitu mendalam.

b. Tahu bagaimana

Pengetahuan ini menyangkut pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu dan dikenal dengan know-how. Pengetahuan jenis ini berkaitan dengan keterampilan atau keahlian dalam melakukan sesuatu.

c. Tahu akan/mengenai

Pengetahuan ini adalah pengetahuan akan sesuatu atau seseorang melalui pengalaman atau pengenalan priibadi.

d. Tahu mengapa

Pengetahuan jenis ini berkaitan dengan pengetahuan bahwa, hanya saja lebih mendalam atau lebih serius atau lebih disertai dengan pengetahuan tentang penjelasan mengenai informasi yang diperoleh. Secara sederhana hubungan antar pengetahuan diatas digambarkan dalam skema berikut ini.

berikut adalah artikel selengkapnya dalam format PDF

Categories: Tak Berkategori | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: