Pengembangan dan Uji Coba Soal Open Ended, Pisa dan TIMSS

Pengembangan soal soal yang dilakukan dibuat dengan mengikuti langkah-langkah pengembangan soal yang dibuat (pengembangan Akker) berikut ini akan dibahas hasil tahap persiapan (preliminary) dan tahap prototyping dengan alur formative evaluation.

A.    Tahap Persiapan (preliminary) Pada tahap persiapan ini peneliti menentukan tempat dan subjek penelitian. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palembang. Di SMPN 1 Palembang tahap yang dilaksanakan adalah small group dan field test. Pada pengembangan ini tidak dilakukan expert review atau dari ahli. Sebagai gantinya review dilakukan hanya pada teman sejawat. Pada tahap persiapan peneliti juga mengkaji literatur tentang penelitian pengembangan, untuk penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian pengembangan Jan van den Akker yang menggambil dua tahap yaitu preliminary dan prototyping.  Tahap prototyping, peneliti menggunakan alur formative evaluation Tessmer. Sebelum melakukan penelitian peneliti juga menghubungi guru mata pelajaran di SMPN 1 Palembang dalam hal ini guru mata pelajarannya adalah ibu Appria, S.Pd. Pada ibu Aprria peneliti menanyakan prosedur dalam melakukan penelitian di sekolah tersebut. Peneliti juga mendesain draf prototype awal dari soal yang akan dikembangkan. Soal rencananya terdiri dari 6 pertanyaan dengan rincian 2 soal open ended, 2 soal PISA dan 2 soal TIMSS.

B.     Tahap prototyping Pada tahap kedua desain penelitian ini adalah prototyping dengan menggunakan alur formative evaluation. Tahap alur formative evaluation menggunakan 4 tahap yakni:    

1.  Self evaluation Pada tahap self evaluation peneliti menelaah, menganalisis dan merevisi draf prototipe awal yang telah didesain pada tahap preliminary atau persiapan.    

2.  Small Group Setelah melalui tahap self evaluation, prototipe soal siap diujikan kepada lima siswa subyek small group. Pada tanggal 8 Juni 2013 telah dilaksanakan uji small group kepada 5 siswa SMPN 1 Palembang. Prosedur yang dilakukan adalah siswa diberikan soal dan mengerjakan sekitar 60 menit untuk menjawab 6 soal yang ada. Setelah selesai mengerjakan soal, siswa diberi waktu untuk memberi komentar mengenai soal tersebut. Berikut dibahas beberapa jawaban dan komentar dari siswa. (dibawah ini adalah pengembangan soal Open Ended, PISA dan TIMMS dan laporan secara lengkap)

sebelumnya mohon maaf untuk kesalahan penulisan “TIMMS” yang seharusnya “TIMSS”

Semoga bermanfaat🙂

Categories: All PMRI, Articles, Courses, Math Education, PISA (KLM), Problem Solving | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: